Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

10 Januari Tidak Sekadar Sebagai Peringatan

10 Jan 2018 - 551
10 Januari Tidak Sekadar Sebagai Peringatan

Tanggal 10 Januari ditetapkan sebagai “Hari Sejuta Pohon Sedunia”. Pohon mempunyai peran yang sangat penting bagi bumi kita. Terdapat 5 negara sebagai rumah bagi jumlah pohon terbanyak, yaitu Rusia sejumlah 642 miliar, Kanada sejumlah 318 miliar, Brasil sejumlah 302 miliar, Amerika Serikat sejumlah 222 miliar, dan Tiongkok sejumlah 140 miliar. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Nature pada tahun 2015 mengatakan bahwa di dunia terdapat 3 triliun pohon, tetapi sebanyak 15,3 miliar pohon ditebang setiap tahunnya. Padahal, begitu banyak manfaat pohon, diantaranya:

  1. Pohon dapat mengurangi kadar CO2 di udara sehingga mengurangi jumlah gas rumah kaca
  2. Pohon menahan laju air sehingga akan lebih banyak terserap ke dalam tanah
  3. Pohon melakukan proses fotosintesis yang hasilnya berpengaruh penting bagi kehidupan makhluk hidup lainnya
  4. Pohon dapat menghasilkan O2
  5. Pohon sebagai habitat bagi berbagai jenis fauna

Dari banyaknya manfaat yang ada, dapat dibayangkan jika seiring berjalannya waktu jumlah pohon semakin berkurang, maka apa yang dapat terjadi bagi bumi kita?.
Banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai kelompok untuk bergerak menanam pohon. Tetapi, di tanggal 10 Januari ini ada baiknya untuk tidak hanya sekadar sebagai peringatan hari di mana semua orang bergerak untuk menanam secara massal. Lebih dari itu, setiap harinya kita dapat terus merawat dan menjaga lingkungan melalui tanaman yang ada di sekitar kita. Saatnya semua orang bergerak sebagai penyelamat bumi kita!