Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

3 Contoh Daur Ulang Ban Bekas. Nomor Tiga Menghasilkan Nilai Ekonomi Lho!

21 Des 2017 - 3133
3 Contoh Daur Ulang Ban Bekas. Nomor Tiga Menghasilkan Nilai Ekonomi Lho!

Ban bekas dapat menjadi limbah yang tidak mudah terurai. Coba perhatikan, ada berapa jumlah kendaraan saat ini di Indonesia dan berapa kali penggunanya mengganti ban kendaraannya?. Data terakhir pada tahun 2017 yang tercatat dari Korlantas Polri, terdapat 102 juta kendaraan yang terdaftar. Jika dikalikan maka jumlah sampah ban bekas tidak dapat terhitung banyaknya.

Lalu apa yang harus dilakukan dengan ban bekas?

Membakar ban tentu bukanlah pilihan yang tepat, karena tidak menghasilkan nilai lebih tetapi hanya menciptakan polusi berbahaya yang berpengaruh pada kesehatan dan keadaan bumi kita. Ada beberapa cara memanfaatkan sampah ban bekas yang dapat dilakukan dalam skala kecil maupun besar.

1. Daur ulang untuk lingkungan sekitar
Ban bekas dapat dimanfaatkan untuk mempercantik rumah, benda kerajinan dan seni. Jika kita mau berkreasi sedikit dengan sampah ban bekas, maka kita akan dapat menciptakan ayunan, pot tanaman, tempat duduk, mainan anak, dll.

2. Daur ulang menjadi Bahan Baku
Beberapa negara mengolah ban bekas menjadi bahan baku pembuatan jalan atau aspal. Hal ini sudah dilakukan oleh Kalifornia, Arizona, Florida, Texas, Brasil, dan lainnya. Aspal karet yang dihasilkan mempunyai kualitas baik, dikarenakan kandungan karet 35%-40%. Tentu saja ini membuat aspal memiliki elastisitas tinggi, tidak mudah retak, menahan air, dan mempunyai daya tahan yang lebih lama dibandingkan aspal biasa.

3. Daur ulang menjadi Bahan Bakar
Ban bekas dapat diolah menjadi minyak sintetis seperti yang dilakukan oleh PT Sukses Sejahtera Energi. Teknologi mengolah ban ini disebut sebagai teknologi pirolisis. Pirolisis bekerja dengan mendekomposisi ban bekas dengan pemanasan tanpa atau sedikit oksigen. Ban bekas ini akan mengalami pemecahan struktur kimia menjadi gas,cair dan padat yang menghasilkan black carbon dan minyak sintetis. Teknologi pirolisis untuk ban bekas ini tentu saja lebih ramah lingkungan dan memberikan manfaat ekonomi yang tinggi. Minyak sintetis yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bahan bakar industri kembali dan carbon yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bahan baku industri tinta, toner mesin fotokopi, bahan plastik, dll. Daur ulang ban bekas ini seperti ini juga berkontribusimewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020. Daur ulang ban bekas ini juga dapat digunakan untuk membantu produsen dalam pelaksanaan kebijakan EPR (Extended Producer Responsibility).


Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in /home/ptssecoi/public_html/system/libraries/Session/drivers/Session_files_driver.php on line 263