Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Bagaimana Minyak RCO dapat Dihasilkan?

11 Apr 2018 - 1622
Bagaimana Minyak RCO dapat Dihasilkan?

Indonesia mengalami krisis energi dengan adanya penggunaan minyak dan gas bumi yang dilakukan secara berlebihan saat ini. Diperkirakan cadangan sumur minyak Indonesia saat ini hanya cukup untuk kurang lebih 11 tahun hingga 12 tahun ke depan (sumber: https://www.cnnindonesia.com). Selain itu, Indonesia harus mengimpor lebih banyak lagi minyak mentah dan bahan bakar dikarenakan kenaikan tingkat konsumsi. Konsumsi yang meningkat tidak diiringi dengan produksi minyak yang meningkat pula. Hal ini membuat Indonesia membutuhkan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan dan tentu saja dapat digunakan khususnya bagi kegiatan industri. Salah satu bahan bakar alternatif yang dapat digunakan yaitu Minyak RCO.

Minyak RCO merupakan minyak bakar alternatif untuk boiler dan burner. Minyak RCO dihasilkan dari pengolahan ban bekas dengan menggunakan teknologi pirolisis. Ban bekas yang digunakan yaitu ban bekas kendaraan besar tanpa kawat. Ban bekas kendaraan besar mengandung kandungan minyak lebih banyak dibandingkan ban bekas kendaraan motor dan mobil kecil. Sehingga ketika memasuki proses pirolisis, ban bekas tersebut yang sudah dicacah dan masuk ke dalam reaktor akan berubah menjadi produk dengan nilai tinggi seperti minyak RCO. Proses pirolisis merupakan proses kimia bahan organik melalui proses pemanasan tanpa atau dengan sedikit oksigen. Material mentah akan mengalami pemecahan struktur kimia menjadi gas dan cair. Proses pirolisis berlangsung dalam lingkungan tertutup sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan.

Minyak RCO tersebut dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif untuk industri tekstil, ban, aspal, dan industri pembuatan kaca.

 


Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in /home/ptssecoi/public_html/system/libraries/Session/drivers/Session_files_driver.php on line 263