Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Gaya Hidup Eco Friendly, Kenali Dahulu Kantong Belanjamu!

11 Jul 2019 - 365
Gaya Hidup Eco Friendly, Kenali Dahulu Kantong Belanjamu!

Saat ini tas belanja menjadi fokus utama untuk menciptakan gaya hidup eco friendly, namun ternyata ada berbagai macam bahan kantong belanja alternatif yang mempunyai dampak lingkungan lebih baik. 

  1. Plastik reusable

Bahan dasar dari plastik daur ulang dan lebih tebal ini tentu baik digunakan daripada plastik lainnya. Dalam pembuatannya, plastik jenis ini memerlukan lebih banyak material. Jenis plastik ini tentu bukan sekali pakai tetapi dapat didaur ulang kembali nantinya.

  1. Polipropilena

Bahan jenis polipropilena digunakan untuk tote bag dan termasuk ramah lingkungan. Bahkan jenis kantong ini dapat menurunkan emisi gas rumah kaca 87 persen dan tentu saja menghasilkan limbah 91% lebih sedikit dari plastik sekali pakai. Tetapi ada juga kelemahan dari jenis kantong ini yaitu sulit terurai dan didaur ulang. Sehingga kantong tote bag ini sebaiknya dipakai seterusnya dengan perawatan yang benar. Kantong jenis ini menjadi salah satu yang terbaik untuk gaya hidup eco friendly.

  1. Poliester

Bahan dasar poliester tidak mudah rusak dan dapat terurai menjadi mikroplastik saat dicuci. Bahan ini mudah dibawa kemanapun dan juga praktis saat disimpan karena mudah dilipat.

  1. Katun

Kantong katun berbahan dasar kapas. Dimana kapas membutuhkan banyak air dan nutrisi untuk bertumbuh. Sehingga dalam produksi skala besar, akan berdampak besar pada lingkungan. Walaupun pada kenyataanya, kantong ini dapat digunakan berkali-kali hingga bertahun-tahun.

  1. Kantong kertas

Kantong kertas dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi plastik. Namun produksi kantong jenis kertas membutuhkan energi 3 kli lipat dari plastik sekali pakai. Tentu saja akan membuat banyak air dipakai dan menghasilkan emisi gas rumah kaca lebih banyak.