Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Hari Bebas Plastik Dunia

07 Feb 2019 - 507
Hari Bebas Plastik Dunia

Apakah satu hari tanpa plastik akan berpengaruh dengan keadaan bumi kita?
Temuan sebesar 80.000 ton plastik di “Area Sampah Pasifik Raya” yaitu bentangan California dan Hawai, Amerika Serikat membuat kita seharusnya mulai menyadari betapa gentingnya keadaan bumi kita. Jumlah tersebut dinyatakan sebagai jumlah terbanyak yang pernah dilaporkan oleh The Ocean Cleanup Foundation ( http://www.bbc.com/indonesia/majalah-43531379 )
Kajian yang dilakukan oleh The Ocean Cleanup Fondation menghasilkan beberada data diantaranya:

  1. 99,9% dari serpihan di area di Pasifik merupakan plastik
  2. Walaupun benda besar plastik telah hancur, namun peneliti mengenali serpihan kecil tersebut yaitu dari wadah, botol, penutup, tali, jaring ikan dan lainnya.
  3. Tiga perempat dari sampah plastik yaitu yang berukuran besar, meliputi plastik keras, lembaran plastik dan film
  4. Sebanyak 50 benda dalam sampel yang ditarik dari laut terbaca kapan diproduksinya, satu benda dari 1977, tujuh benda dari 1980-an, 17 dari 1990-an, 24 dari 2000-an dan satu dari 2010.

Jutaan ton plastik yang hanyut ke laut, beberapa akan hanyut ke samudera dan pecah menjadi mikroplastik yang nantinya akan dicerna oleh makhluk hidup di laut. Indonesia dicatat juga sebagai penyumbang sampah plastik kedua terbesar di dunia. Riset yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Georgia, AS, tercatat sebanyak 187,2 juta ton sampah plastik yang disumbangkan dari Indonesia. Hal ini membuat Indonesia mulai mengambil tindakan untuk mengurangi sampah plastik di laut sampai 75% pada 2025. Oleh karena itu, ini bukanlah tugas dan tanggung jawab setiap pemerintahan negara. Tetapi juga masyarakat yang juga menggunakan plastik tersebut dikehidupan sehari-hari. Rasanya penting bagi kita juga ikut disiplin dalam menggunakan plastik. Hari bebas plastik sedunia sudah menjadi langkah kecil bagi kita untuk mulai satu hari tanpa plastik dan menyelamatkan bumi ini. Tidak ada tindakan yang sia-sia, percayalah aksi nyata ini akan berpengaruh dengan keadaan laut kita yang dipenuhi sampah plastik dan akan menjadi bersih kembali untuk dapat kita nikmati keindahannya.





Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in /home/ptssecoi/public_html/system/libraries/Session/drivers/Session_files_driver.php on line 263