Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Jadi Pahlawan Lingkungan dengan 3 Kegiatan Sederhana

21 Des 2017 - 592
Jadi Pahlawan Lingkungan dengan 3 Kegiatan Sederhana

Tanggal 10 November menjadi hari yang bersejarah untuk kita dapat mengenang Pahlawan. Tidak hanya berduduk diam saja atau melakukan upacara, tetapi ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk kita juga dapat menjadi seorang pahlawan. Salah satunya yaitu menjadi pahlawan bagi lingkungan kita. Aksi peduli lingkungan dapat dilakukan dimana saja, seperti 3 hal sederhana ini untuk menjaga bumi kita tercinta.

  1. Maksimalkan penggunaan transportasi umum
    Kementerian Lingkungan Hidup memaparkan bahwa sumber pencemar udara dan gas rumah kaca terbesar di perkotaan berasal dari sektor transportasi. Emisi gas rumah kaca yang disumbangkan yaitu sekitar 23% dari total emisi gas rumah kaca dari seluruh sumber, seperti emisi karbon monoksida, hidrokarbon, dan partikel halus berukuran 10 mikrometer. Penggunaan transportasi umum, sekali dalam seminggu dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca sehingga akan lebih banyak udara bersih dan lebih sedikit kemacetan yang ditimbulkan. Transportasi pribadi masih dapat digunakan namun yang bebas karbon, murah, dan cepat seperti bersepeda.
  2. Bolak-balik kertas untuk selamatkan bumi
    Kertas merupakan benda yang selalu kita gunakan untuk bekerja, sekolah, dan lainnya. Namun, cara kita mengkonsumsi kertas juga berpengaruh dengan kondisi hutan kita. Hal ini juga berdampaknya pada jumlah emisi gas rumah kaca yang meningkat. Tahun 2017, Indonesia menjadi negara produsen kertas ke-6 terbesar di dunia yang tentunya mempengaruhi total emisi gas rumah kaca karena banyaknya kegiatan penebangan dan kebakaran hutan. Penggunaan kertas dua sisi, menggunakan dokumen softcopy dibanding mencetak dokumen dan penggunaan kertas daur ulang akan membantu mengurangi emisi yang dilepas ke atmosfer bumi.
  3. Bersahabat dengan bumi dengan mengkonsumsi sayur
    Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran akan membantu untuk mengurangi emisi yang dihasilkan dari produksi daging merah. Peternakan menjadi salah satu sektor yang membutuhkan banyak kebutuhan air dan lahan. Satu kilogram daging sapi harus melewati proses pemeliharaan, pemberian pakan ternak, hingga penyembelihan seekor sapi dengan kebutuhan satu juta liter air. Sehingga untuk mengimbanginya, kita dapat mengurangi konsumsi daging dengan perbanyak konsumsi sayur sekali dalam seminggu.




Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in /home/ptssecoi/public_html/system/libraries/Session/drivers/Session_files_driver.php on line 263