Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Kode Plastik

21 Des 2017 - 904
Kode Plastik

Plastik terdapat pada setiap produk konsumen dan industri seperti perlengkapan rumah tangga, mainan anak, kemasan makanan, dll. Plastik memiliki unsur kandungan yang berbeda-beda untuk setiap kegunaannya, karena itu  penting untuk diperhatikan oleh setiap konsumen. Ada jenis plastik yang dapat digunakan untuk kemasan makanan dan minuman, dan ada juga plastik yang berbahaya bagi konsumen atau kesehatan manusia sehingga digunakan pada peralatan industri tertentu. Pengelompokan atau klasifikasi plastik menurut bahan mentahnya dilakukan dan ditandai dengan adanya kode plastik di setiap kemasannya. Kode plastik diciptakan oleh Society of the Plastics Industry pada tahun 1988 untuk memudahkan konsumen mengetahui jenis plastik mana yang dapat digunakan kembali dan yang berbahaya untuk digunakan. Terdapat 7 kode daur ulang untuk plastik, yaitu (sumber: http://ilmupengetahuanumum.com/jenis-jenis-plastik-arti-kode-daur-ulang-plastik/)

1. Kode plastik 1 yaitu Polyethylene Terephthalate (PETE Atau PET)

Digunakan pada botol-botol minum dalam kemasan dan botol air minuman ringan. Plastik ini dipakai untuk sekali saja dan dapat mengeluarkan zat karsinogenik (menyebabkan kanker) ketika terkena air panas. Plastik jenis ini dapat didaur ulang menjadi perabotan rumah tangga, karpet dan life jacket.

2. Kode plastik 2 yaitu High Density Polyethylene (HDPE)

Digunakan pada botol detergen, botol shampoo, dan kantong belanja. Plastik ini berwarna putih susu, tahan terhadap panas, dan hanya untuk sekali pakai.  Plastik kode ini dapat didaur ulang menjadi tali, pipa, dan mainan.

3. Kode plastik 3 yaitu Polyvinyl Chloride (PVC atau V)

Digunakan pada pipa, botol non-makanan, mainan anak, kursi plastik dan komponen otomotif. Plastik jenis ini termasuk plastik yang sulit untuk didaur ulang.

4. Kode plastik 4 yaitu Low Density Polyethylene (LDPE)

Digunakan pada kantong plastik, tempat makanan, dan botol dispenser. Plastik jenis ini dapat didaur ulang menjadi perabotan rumah tangga dan tong sampah.

5. Kode plastik 5 yaitu Polypropylene (PP)

Digunakan pada tutup botol, tempat makanan, botol-botol obat dan botol minuman bayi. Plastik jenis ini aman digunakan untuk tempat makan dan minum, dan aman dalam suhu panas.

6. Kode plastik 6 yaitu Polystyrene (PS)

Digunakan sebagai bungkus sekali pakai untuk makanan dan minuman. Polystyrene dikenal sebagai styrofoam yang mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan manusia. Penggunaan bungkus makanan menggunakan styrofoam dilarang di beberapa negara karena sulit untuk di daur ulang. Plastik jenis ini ketika didaur ulang dapat digunakan sebagai penggaris.


7. Kode plastik 7 yaitu Other (O)

Digunakan sebagai peralatan rumah tangga, alat-alat eletronik, plastik kemasan, dan suku cadang otomotif. Kelompok plastik kode 7 atau other ini adalah plastik-plastik yang tidak termasuk dalam kode 1 hingga 6 atau campuran 2 jenis plastik. Plastik kode 7 sulit untuk didaur ulang dan juga mengandung zat berbahaya.


Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in /home/ptssecoi/public_html/system/libraries/Session/drivers/Session_files_driver.php on line 263