Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Mengapa Harus Melakukan Daur Ulang?

21 Des 2017 - 1910
Mengapa Harus Melakukan Daur Ulang?

Daur ulang sudah ada sejak dahulu bahkan ketika jaman purbakala. Manusia pada zaman batu tua melakukan daur ulang pada peralatan batu mereka untuk dijadikan alat lain. Hal ini dilakukan agar mereka tak perlu lagi berpergian jauh mencari bahan baku untuk alat batunya. Bahkan daur ulang yang dikenal dengan 3R juga dimulai sejak lama khususnya bagi sektor pertanian. Saat itu masyarakat mengenal limbah seperti sisa makanan, daun-daunan, dll. Namun, hari demi hari membuat semakin banyaknya kegiatan dan kebutuhan manusia, yang berpengaruh dengan semakin banyaknya sampah dan limbah yang dihasilkan. Oleh sebab itu sudah menjadi kewajiban bersama untuk mulai menerapkan sistem 3R atau daur ulang. Lalu, mengapa kita harus melakukannya? Ada 4 alasan, yaitu:

  1. Alasan Sumber Daya Alam Terbatas
    Berbagai kegiatan menyebabkan sumber daya alam kita dieksploitasidan menjadi habis salah satunya yaitu pemanfaatan kertas tisu untuk kebersihan. Menurut penelitian WWF, untuk membuat 3,2 juta ton tisu toilet dibutuhkan 54 juta batang pohon. Sehingga akan semakin banyak pohon yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan akan tisu dan pengalihan fungsi hutan sebagai hutan industri. Hal ini tentu akan berdampak pada perubahan iklim dan pemanasan global karena semakin berkurangnya fungsi hutan untuk menyerap karbon. Saat ini banyak kegiatan daur ulang yang dilakukan untuk membuat tisu berbahan limbah. Seperti limbah kulit pisang dan limbah ampas tebu yang dapat diolah menjadi tisu.
  2. Alasan Nilai Ekonomi
    Limbah yang dihasilkan dari kegiatan industri ataupun lainnya, ternyata memiliki nilai ekonomi ketika diolah dan dimanfaatkan kembali secara benar. Pemanfaatan limbah tersebut dapat menghasilkan energi baru atau bahan baku industri.
  3. Alasan Lingkungan
    Beberapa dampak yang ada yaitu gas rumah kaca, polusi, dsb. Mendaur ulang setengah dari sampah rumah tangga dapat menghemat 2.400 pon karbondioksida yang lepas ke atmosfer dan menyebabkan perubahan iklim. Bahkan tidak hanya polusi udara yang ditimbulkan, tetapi juga air dan tanah yang berhubungan dengan kegiatan kita sehari-hari.
  4. Alasan Terciptanya Teknologi Baru Ramah Lingkungan
    Limbah yang terbuang dan diolah kembali tidak sepenuhnya habis bersih.  Namun dari upaya untuk pengolahan limbah tersebut telah mendorong manusia menciptakan teknologi baru bagi bumi kita. Inovasi dan kreatifitas dalam pengelolaan limbah membantu kita mengenal dan mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan. Sehingga sisa apapun ketika didaur ulang akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan baik bagi lingkungan.


Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in /home/ptssecoi/public_html/system/libraries/Session/drivers/Session_files_driver.php on line 263