Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Menyuburkan Tanaman dengan Sampah Popok Bayi

15 Okt 2018 - 755
Menyuburkan Tanaman dengan Sampah Popok Bayi

Cara sederhana yang dapat dilakukan oleh semua orang untuk mengurangi limbah popok bayi adalah menjadikannya media tanam. Sampah popok tentunya menjadi perhatian khusus dikarenakan termasuk dalam limbah B3 dan diperlukan waktu 250-500 tahun agar dapat terurai sempurna.

Gel yang ada di dalam popok bayi dapat bermanfaat bagi pertanian, karena gel tersebut dapat menampung air yang disiramkan sehingga tanah tidak menjadi cepat kering. Dengan kata lain gel tersebut mampu mempertahankan kelembabapan tanah. Selain itu sebagai media nutrisi dan pupuk cair karena kandungan popok sendiri sudah mengandung pupuk alami untuk membuat tanaman subur.

Berikut merupakan cara untuk membuat media tanah secara hidroponik secara sederhana dan dapat dilakukan pada rumah tangga (https://kabartani.com)

  1. Gunakan perlengkapan untuk keamanan diri seperti masker dan sarung tangan

  2. Guntinglah diaper dan keluarkan isinya (gel)

  3. Masukkan gel ke dalam ember dan semprotkan EM-4 atau bakteri pengurai

  4. Tutup ember dengan rapat dan diamkan selama 7 hari

  5. Setelah 7 hari, campur dengan media tanah/nutrisi hidroponik

Selain cara diatas, terdapat cara lebih sederhana lagi yang ditemukan oleh pelajar Madrasah Tsanawiyah. Mereka membuatnya dengan menggunakan botol air mineral bekas yang dipotong sesuai kebutuhan media tanam. Kemudian popok bayi bekas dipotong sesuai ukuran botol. Lalu tabur benih di media tanam tersebut dan disiram sesuai kebutuhan. Hasilnya dapat dilihat selama satu minggu dimana biji benih tumbuh menjadi tanaman. Tanaman yang mereka tanam saat itu diantaranya kacang ijo, tomat, cabai, dan sayur.