Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Mikroba Tanah, Makhluk Kecil yang Besar Perannya untuk Bumi Kita

21 Des 2017 - 946
Mikroba Tanah, Makhluk Kecil yang Besar Perannya untuk Bumi Kita

Tanah sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Tanah menjadi salah satu tempat untuk tumbuhan dapat hidup. Kesuburan tanah dipengaruhi oleh mikroorganisme atau mikroba yang terdapat di dalamnya. Tanah yang subur rata-rata memiliki kandungan 100 juta lebih mikroba per gram tanah. Berdasarkan sumber makanannya mikroba dibagi menjadi dua, yaitu mikroba yang dapat menghasilkan makanannya sendiri dan mikroba yang sumber makanannya dari sisa bahan organik. Mikroba tanah memerlukan makanan, oksigen, air, dan habitat yang layak untuk dapat menghasilkan hara yang dapat tersedia untuk tanaman. Unsur hara dari mikroba dikeluarkan melalui kotoran mereka dan diserap oleh akar tanaman. Tanaman yang hidup di tanah subur tentu akan mendukung kelangsungan untuk menghasilkan oksigen. Namun, apa yang terjadi jika keadaan tanah tercemar? Apakah akan berpengaruh kepada bumi kita dan kehidupan di dalamnya?.
Tentu saja hal ini berpengaruh kepada bumi kita. Data Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia memaparkan data bahwa permukaan bumi kita hanya memiliki 11% lahan yang cocok untuk pertanian dan 38% dari lahan tersebut mengalami penurunan akibat pengelolaan yang salah, seperti penggunaan pupuk kimia. Penggunaan bahan kimia yang masuk ke dalam tanah secara berlebihan tentu akan membuat ketidakseimbangan ekosistem di dalam tanah.
Mikroba dapat menghasilkan humus guna meningkatkan kapasitas tanah agar dapat menampung air dan menyediakan nutrisi untuk tumbuhan. Peran besar yang dilakukan oleh mikroba juga dirasakan pada saat musim kemarau, dimana mikroba ternyata dapat juga memberikan nutrisi dan perlindungan yang dibutuhkan tanaman. Saat ini pencemaran tanah oleh limbah berbahaya terjadi dimana-mana. Dapat dibayangkan jika limbah atau bahan kimia terus menerus digunakan dan masuk ke dalam tanah maka mikroba dalam tanah akan mati dan tumbuhan tidak dapat tumbuh sempurna sesuai dengan fungsinya. Padahal, perlu kita ingat jika peran tumbuhan sangat penting bagi kehidupan, yaitu sebagai penghasil oksigen dan menyerap karbondioksida.