Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Pengelolaan Sampah di Negara Maju

21 Des 2017 - 1782
Pengelolaan Sampah di Negara Maju

Tahukah kamu jika setiap negara memiliki cara yang berbeda untuk menangani dan mengelola sampahnya?


1. Jepang
Jepang dikenal sebagai negara yang mempunyai sistem penyortiran sampah yang rumit. Namun dibalik kerumitan tersebut, negara Jepang sukses dalam penanganan sampah mereka. Masyarakat Jepang diajak untuk memperhatikan sampah menurut kategori jenisnya yaitu moeru gomi (sampah yang dapat dibakar), moenai gomi (sampah yang tidak dapat dibakar), sodai gomi (sampah besar), dan shigen gomi (sampah yang dapat didaur ulang). Tidak hanya asal membuang, mereka juga dianjurkan untuk menggunting dan melipat kemasan sebelum dimasukkan ke dalam kotak. Bahkan, salah satu desa di Jepang bernama Kamikatsu dikatakan sebagai desa “nol sampah”.

2. Belanda
Negara kincir angin ini mempunyai teknologi pembakaran sampah yang ramah lingkungan dan modern. Belanda mengajak masyarakatnya untuk melakukan pemisahan sampah menjadi sampah organik, sampah yang dapat didaur ulang, sampah yang tidak berbahaya ketika dibakar, dan sampah yang berbahaya atau beracun. Sampah yang sudah dipisahkan diangkut oleh pemerintah untuk didaur ulang dan dijadikan sesuatu yang lebih bermanfaat. Sampah organik diproses menjadi pupuk kompos, sedangkan sampah yang tidak berbahaya untuk dibakar dijadikan bahan pembangkit tenaga listrik dan sampah yang berbahaya dikarantina demi keamanan lingkungan.

3. Swedia
Negara terbesar ke-56 dunia ini menjadikan sampah sebagai pembangkit energi. Swedia tidak hanya memanfaatkan sampah atau limbah di negaranya, tetapi juga memanfaatkan sampah dari negara-negara Eropa lainnya. Swedia mengimpor 800 ribu ton sampah per tahun dari negara-negara lain. Mengimpor sampah dilakukan untuk program sampah menjadi energi, dimana sampah dapat menghasilkan panas. Energi panas disalurkan melalui pipa ke wilayah perumahan dan gedung komersial sehingga menghasilkan listrik bagi masyarakat.

Penanganan dan pengelolaan sampah di setiap negara tentu akan berhasil ketika pemerintah dan masyarakat saling mendukung dan melakukan yang terbaik bagi lingkungannya Ayo, saatnya berpikir dan bergerak untuk lingkungan kita! Semua keberhasilan berawal dari kedisiplinan.


Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in /home/ptssecoi/public_html/system/libraries/Session/drivers/Session_files_driver.php on line 263