Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Puntung Rokok, Fakta Racun Paling Berbahaya Bagi Lingkungan

12 Sep -2018 - 763
Puntung Rokok, Fakta Racun Paling Berbahaya Bagi Lingkungan

Rokok atau kebiasaan merokok tidak hanya menganggu kesehatan tetapi juga mengganggu lingkungan dengan sampah puntung rokok yang dibuang sembarangan. Faktanya puntung rokok menjadi penyumbang sampah yang cukup berbahaya, terutama di laut. Puntung rokok juga dikatakan pencemarannya lebih buruk dari sampah plastik. Maka dari itu, terdapat beberapa fakta bahwa puntung rokok menjadi racun yang paling berbahaya bagi lingkungan.

1. Filter rokok menjadi bagian terburuk yang mengancam kelestarian lingkungan

Kandungan pada filter rokok ternyata adalah plastik selulosa setat, yang merupakan bentuk plastik yang sulit terurai. Selain itu kandungannya juga dapat mencemari air atau menimbulkan polusi air. Sehingga ketika puntung rokok tersebar atau dibuang di mana-mana, bahan kimia atau zat berbahaya akan menyebar ke mana-mana terutama ke laut. Jika sudah terbuang di laut, maka tidak perlu heran jika banyak hewan laut juga terkena dampaknya.

2. Sampah terbanyak di pantai
Tahun 2018, Ocean Conservancy melakukan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun untuk melihat 10 item terbanyak sampah pantai. Terbukti bahwa dari 10 item, posisi pertama yaitu sampah puntung rokok. Di berbagai negara, sampah puntung rokok menjadi sampah yang cukup banyak ditemukan di berbagai tempat. Jika tidak dikelola dengan baik, maka sampah puntung rokok akan lebih berbahaya dibandingkan asap rokok tersebut.

3. Merusak rantai makanan bagi hewan
Puntung rokok yang dibuang sembarangan akan merusak rantai makanan pada hewan. Tidak jarang hewan menganggap puntung rokok sebagai makanan. Seperti misalnya saat daging ayam yang kita konsumsi bisa jadi mengandung bahan kimia berbahaya dari filter rokok seperti amonia dan cadmium. Selain itu puntung rokok yang terbuang ke laut lepas dan pesisir juga membuat ikan dan hewan lainnya terkecoh, karena dianggapnya sebagai makanan.

4. Mengandung bahan dan zat kimia berbahaya
Bahan dan zat kimia yang terkandung di dalam puntung rokok berjumlah 4000 macam yang diantaranya nikotin, dan logam berat seperti arsenik, timbal tembaga, kromium, dan kadmium. Selain itu terdapat toluene yang biasa dipakai sebagai bahan campuran bensin dan juga formaldehyde yang merupakan bahan pengawet mayat.



Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in /home/ptssecoi/public_html/system/libraries/Session/drivers/Session_files_driver.php on line 263