Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Sampah Puntung Rokok, Tidak Mustahil untuk Didaur Ulang

21 Sep -2018 - 757
Sampah Puntung Rokok, Tidak Mustahil untuk Didaur Ulang

Dikenal dengan sampah terbanyak di sekitar pantai, ternyata sampah puntung rokok dapat didaur ulang loh. Awalnya puntung rokok dianggap sebagai sampah yang tak dapat didaur ulang karena kandungan padat didalamnya. Namun nyatanya, perusahaan bernama TerraCycle berhasil mendaur ulang sampah puntung rokok menjadi produk plastik palet pengiriman, bantalan rel kereta api dan asbak.

Seperti pada artikel sebelumnya, rokok memiliki bahaya yang cukup mengkhawatirkan tidak hanya pada kesehatan tetapi juga lingkungan. Hampir seluruh sampah puntung rokok berakhir di tempat sampah dan dibuang begitu saja. Padahal racun dalam rokok dapat mencemari air dan juga banyak hewan yang tertipu puntung rokok sebagai makanannya.

TerraCycle mempunyai cara untuk mendaur ulang sampah puntung rokok dengan cara memisahkan menjadi beberapa bagian. Pertama diambilnya bahan organik seperti tembakau, cengkeh dan kertas linting untuk diolah menjadi kompos. Kedua filter rokok, disterilkan dan dicabik. Setelah itu, filter yang telah dicabik tersebut dicampur ke dalam pengolahan plastik industri yang nantinya dapat digunakan untuk membuat bantalan rel kereta api dan palet pengiriman. Selain itu, sebuah penelitian dari jurnal World Academy of Science, Engineering dan Technology menemukan bahwa puntung rokok dapat juga diolah menjadi batu bata.

Saat ini, sudah terdapat 9 negara yang memiliki tempat sampah untuk rokok daur ulang, beberapa diantaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, dan Australia. 

(dilansir dari nationalgeographic.co.id)