Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Siapa Bilang Jika Limbah Jerami Hanya Bisa diBakar?

21 Des 2017 - 1189
Siapa Bilang Jika Limbah Jerami Hanya Bisa diBakar?

Jerami merupakan limbah pertanian dari hasil batang padi yang sudah kering atau yang padinya sudah dituai. Badan Pusat Statistik mencatat jumlah limbah jerami yang dihasilkan tahun 2014 yaitu 35,46 juta ton. Jerami-jerami tersebut pada umumnya dibakar pada area sawah setelah selesai melakukan panen. Namun, banyak yang tidak menyangka jika pembakaran jerami yang dilakukan dapat berdampak pada kualitas udara dan keadaan lapisan ozon bumi kita. Menipisnya lapisan ozon diakibatkan oleh adanya polusi pembakaran, polusi kendaraan bermotor dan industri. Sehingga penipisan lapisan ozon berdampak panjang pada pemanasan global. Selain itu hasil pembakaran juga berbahaya bagi kesehatan dikarenakan adanya gas CO2. Karena itu penting untuk lebih mengutamakan untuk mengolah  limbah jerami agar dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat.
Nah, Ini dia olahan limbah jerami menjadi produk yang berguna:

1. Tape Jerami untuk Pakan Ternak

Jerami yang tanpa diolah dan diberikan untuk makanan ternak mengakibatkan ternak susah mencerna karena adanya kandungan-kandungan tertentu. Sehingga jerami tersebut juga harus diolah menjadi makanan yang layak bagi ternak, yaitu tape jerami. Tape jerami diolah dari fermentasi jerami dan membuat kandungan protein, nutrisi, dan vitamin menjadi baik untuk ternak. Olahan jerami menjadi pakan ternak sudah mulai dilakukan oleh para petani di Indonesia.

2. Kompos Jerami

Kompos dapat terbuat dari semua jenis limbah organik, yang salah satunya adalah limbah jerami. Jerami tersebut tidak dibakar tetapi diolah menjadi kompos yang dapat mengembalikan kesuburan tanah dan menambah kandungan bahan organik tanah.

3. Kerajinan dari Jerami

Limbah jerami dapat dimanfaatkan sebagai produk kerajinan anyaman untuk membuat dinding rumah, atap, dan mainan anak.

Nah, apa lagi ya manfaat jerami? Silahkan tuliskan dan bagikan disini yaa


Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in /home/ptssecoi/public_html/system/libraries/Session/drivers/Session_files_driver.php on line 263