Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Surabaya, Role Model Pengelolaan Sampah Terbaik di Indonesia

21 Des 2017 - 1395
Surabaya, Role Model Pengelolaan Sampah Terbaik di Indonesia

Total sampah di Indonesia mencapai 65 Juta ton/hari pada tahun 2016, dengan komposisi sampah organik 60%, dan sampah plastik 14%. Sumber utama sampah masih disumbang oleh rumah tangga, pasar tradisional dan perkantoran. Hal ini diperlukan adanya tindakan lanjut berupa pengolahan sampah dari hulu hingga hilir.

Salah satu kota di Indonesia yang sudah menjalani program pengurangan sampah mulai dari sumbernya yaitu Surabaya. Surabaya telah melakukannya dari lingkungan rumah tangga, hotel, kampus, sekolah, dan pasar dengan mengadopsi 3R (Reduce, Reuse dan Recycle). Sampah yang dihasilkan dari kota Surabaya yaitu 2.900 ton/hari. Sebagian sampah tersebut diolah menjadi kerajinan tangan, pupuk kompos dan lainnya.

Sampah dikelola secara mandiri melalui bank-bank sampah yang tersebar di seluruh kecamatan Surabaya. Selain itu Surabaya juga memiliki rumah kompos untuk mengubah sampah organik menjadi pupuk untuk hutan kota dan taman kota. Adapula pengelolaan sampah menjadi listrik yang dilakukan pada TPA Benowo Surabaya, dimana mereka akan menjual listrik hingga 11 mega watt per hari di tahun 2019. TPA Benowo juga akan disiapkan area penyaring polusi dan bau kurang sedap yang disebut green belt seluas 37 hektare. Selain sampah yang dibuang ke TPA, ada juga kegiatan yang dilakukan untuk mengurangi pasokan sampah ke laut. Kegiatan tersebut berupa lomba kebersihan antar-kampung di bantaran sungai, pemasangan trap sampah di sungai dan pengambilan sampah di saringan rumah pompa.

Adanya kerja sama antar warga, fasilitator dan kader lingkungan dalam upaya mengelola sampah, pasokan sampah yang masuk ke TPA berkurang hingga 350 ton dalam sehari.


Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in /home/ptssecoi/public_html/system/libraries/Session/drivers/Session_files_driver.php on line 263