Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Tahu Gak, Jika Karbon Hitam dari Ban Bekas Bisa Didaur Ulang Jadi Baterai Mobil

10 Des 2020 - 137
Tahu Gak, Jika Karbon Hitam dari Ban Bekas  Bisa Didaur Ulang  Jadi Baterai Mobil

Siapa sangka jika carbon black dari hasil pirolisis ban dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan industri dan menciptakan inovasi tersendiri. Pirolisis adalah proses dekomposisi suatu bahan pada suhu tinggi tanpa adanya oksigen atau dengan oksigen terbatas. Teknik ini dapat digunakan untuk mengolah sampah dengan mengurangi berat dan volume sampah serta menghasilkan produk yang lain sebagai bahan bakar alternatif.

Ban bekas biasanya didaur ulang menjadi berbagai barang peralatan rumah tangga, namun berbeda halnya jika ban bekas didaur ulang dengan menggunakan teknik pirolisis, hasil yang dikeluarkan dapat lebih bermanfaat untuk kepentingan masyarakat. Salah satunya adalah ban bekas yang diolah menjadi carbon black sebagai komponen baterai untuk mobil, adalah temuan dari para peneliti  Departemen Energi AS yang bekerja di laboratorium nasional Oak Ridge.

Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa carbon black hasil dari ban bekas yang telah melewati proses pirolisis dapat dipakai sebagai anoda pada baterai ion lithium. Baterai yang menggunakan anoda carbon black memiliki kelebihan yaitu kapasitas energi lebih tinggi dari pada baterai dengan anoda grafit biasa, sehingga mobil listrik yang dipakai dapat lebih tahan lama untuk melakukan perjalanan.



sumber : https://oto.detik.com/mobil/d-2680924/ban-bekas-didaur-ulang-jadi-baterai-mobil