Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Teknologi Pirolisis, Mengolah Limbah dengan Ramah

30 Jan 2018 - 817
Teknologi Pirolisis, Mengolah Limbah dengan Ramah

Bagaimana sebuah teknologi untuk mengolah sampah atau limbah dikatakan “ramah lingkungan”?
Teknologi ramah lingkungan, melindungi lingkungan sekitar dengan mengurangi limbah. Cara yang digunakan bermacam-macam yaitu mendaur ulang limbah, menciptakan produk dari olahan limbah dan menangani sisa limbah dengan cara yang benar. Indonesia sudah mulai menerapkan konsep “zero waste” kepada setiap pelaksana industri sehingga tidak hanya memproduksi barang atau produk tetapi juga melakukan strategi untuk mencegah, mengurangi dan menghilangkan limbahnya.
Terdapat 6 prinsip yang terdapat pada konsep teknologi ramah lingkungan, yaitu:

  1. Refine, mengganti penggunaan bahan atau proses yang ramah lingkungan
  2. Reduce, mengurangi jumlah limbah dengan cara mengoptimalkan penggunaan bahan yang sudah ada
  3. Reuse, memakai kembali bahan-bahan sisa atau yang sudah menjadi limbah dan diproses dengan cara yang berbeda
  4. Recycle, memakai kembali bahan-bahan atau limbah dan diproses dengan cara yang sama
  5. Recovery, memanfaatkan material tertentu dari limbah yang ada kemudian diproses untuk keperluan lain
  6. Retrieve Energy, menghemat energi untuk suatu proses produksi atau memanfaatkan limbah untuk bahan bakar produksi.

PT Sukses Sejahtera Energi melakukan pengurangan limbah ban bekas dengan salah satu teknologi ramah lingkungan, yaitu pirolisis. Tidak hanya sekadar mengurangi limbah, tetapi juga menanamkan prinsip ramah lingkungan dengan menghasilkan sesuatu yang bernilai tinggi. Pengolahan limbah yang dilakukan yaitu dengan mengubah ban bekas menjadi karbon hitam, minyak RCO dan gas sintetik. Produk-produk tersebut tentu akan berguna bagi kegiatan industri untuk bahan baku, bahan bakar, dll. Pirolisis merupakan proses kimia bahan organik dengan pemanasan sedikit atau tanpa oksigen. Pada saat proses produksi tentu PT SSE juga memperhatikan lingkungan agar tidak terkontaminasi polutan. Alat yang digunakan untuk menangkap debu atau polutan hasil produksi yaitu dust collector. Sehingga, tidak hanya berfokus pada pengolahan limbah saja tetapi juga tetap memperhatikan aturan dalam lingkungan sekitar.

 


Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in /home/ptssecoi/public_html/system/libraries/Session/drivers/Session_files_driver.php on line 263