Home / Berita & Blog / BLOG PT SSE

Yuk, Kenalan dengan 3 Teknologi Ramah Lingkungan Dunia

18 Jan 2018 - 1012
Yuk, Kenalan dengan 3 Teknologi Ramah Lingkungan Dunia

Siapa yang mengira jika lapangan sepak bola, mesin atm, atau peti mati dapat berkontribusi dalam kegiatan lingkungan. Terlebih lagi dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat dan ramah kepada bumi kita. Nah, dunia perlu berbangga karena banyak inovasi teknologi ramah lingkungan yang cukup menarik dan unik. Yuk, saatnya kita berkenalan dengan 3 teknologi ramah lingkungan berikut ini,

  1. Berolahraga untuk Menghasilkan Energi Listrik
    Selain dikenalnya oleh dunia dari sepak bola, Brazil mulai berpartisipasi dalam lingkungan dengan adanya teknologi baru yaitu Pavegen. Pele yang merupakan pemain legendaris Brazil meresmikan teknologi yang menghasilkan energi listrik di lapangan bola Mineira. Uniknya lapangan bola tersebut sangat sederhana dan berada di kawasan padat bangunan rumah di sekitar Rio de Janeiro. Lapangan ini memiliki 200 ubin tahan cuaca dan 80% terbuat dari bahan daur ulang yang dipasang di bawah lapangan. Ubin-ubin tersebut dirancang untuk menangkap energi kinetik pemain selama bertanding. Dari energi yang tersimpan, mampu menghasilkan 100% cahaya pada malam hari yang disalurkan untuk listrik sekitar dan pada siang hari yaitu 75 hingga 80% energi dari panel surya.
  2. EcoATM, Transaksi Elektronik Bekas
    EcoATM merupakan mesin ATM yang menampung alat elektronik bekas dan ditukar dengan uang tunai. EcoATM diproduksi dari San Diego, California, Amerika Serikat. Segala macam ponsel, mp3 player, iPod, tablet, game systems, catridges, desktop PC, printers, digital cameras dan sebagainya dapat ditukarkan dengan uang tunai. EcoATM bekerja dengan menganalisis kondisi barang dan mengeluarkan tawaran harga yang akan diberikan. Tidak hanya melakukan transaksi pembelian elektronik bekas, EcoATM juga melakukan pendaurulangan. Melalui mesin ini, masyarakat juga diajak untuk peduli lingkungan untuk tidak membuang elektronik bekas secara sembarangan. Hal ini mengurangi lepasnya senyawa berbahaya dari limbah elektronik yang tentu akan menyebabkan kerugian pada lingkungan dan kesehatan.
  3. Ecoffin, Peti Mati Ramah Lingkungan
    Peti mati ramah lingkungan terbuat dari pelepah pisang, pandan, kayu pinus, karton daur ulang, dan lain-lain. Beberapa perusahaan peti mati sudah mulai memperhatikan lingkungan dengan berkreasi melalui produknya. Produk ini dikatakan ramah lingkungan karena mengurangi efek dari kremasi dan kayu bakar biasa yang ternyata menghasilkan emisi ke atmosfer. Salah satu negara yang sudah mulai memakai produk ini yaitu Inggris Selatan. Pemakaman di negara Inggris menggunakan peti dari kertas daur ulang yang lebih ringan dan mengganti batu nisan menjadi bibit pohon dan tumbuhan perdu. Selain itu, penggunaan anyaman ranting pohon dedalu (gandarusa: sejenis pohon atau semak yang rindang)) juga menjadi pilihan untuk peti mati yang ramah lingkungan. Bahan tersebut mudah terurai, selain itu keberlanjutan pohon dedalu tetap terjaga karena pertumbuhannya yang cepat.



Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in /home/ptssecoi/public_html/system/libraries/Session/drivers/Session_files_driver.php on line 263